INAmikro

7 Tips Mengatur Keuangan Usaha

Berikut adalah 7 tips mengatur keuangan usaha:

1. Pisahkan Dana Personal dan Perusahaan

Memisahkan dana milik pribadi dan dana perusahaan merupakan salah satu langkah untuk mendorong perusahaan anda menjadi lebih tertata. Jika mencampurkan dua dana tersebut dalam perusahaan, hal tersebut akan mendorong perusahaan anda ke jurang kebangkrutan.

2. Manfaatkan Laba untuk Perkembangan Perusahaan

Setiap keuntungan sangat berarti. Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah menggunakan laba untuk perkembangan perusahaan Pelaku UMKM bisa mendapatkan untungan yang lebih besar karena kinerja perusahaan juga meningkat

3. Kelola Utang Usaha

Cara mengatur keuangan usaha yang selanjutnya yaitu mengontrol utang usaha. jika anda terpaksa harus berutang, maka bayarlah utang tepat waktu. utang perusahaan merupakan salah satu hal yang dapat membuat perusahaan kita jatuh pada kebangkrutan.

4. Membuat Anggaran Perusahaan

Mengatur keuangan usaha dengan membuat anggaran bulanan ataupun tahunan. Catat jenis pengeluaran apa saja yang diperlukan dalam satu bulan, kemudian buat batas nominal pengeluaran untuk setiap jenisnya. usahakan bertransaksi sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

5. Membuat Laporan Keuangan

Cara mengatur keuangan yang selanjutnya yaitu membuat laporan keuangan secara berkala. Anda bisa membuat laporan keuangan per bulan serta per tahun. Adanya laporan keuangan yang jelas dan tertata dapat dengan mudah anda mengatur keuangan perusahaan.

6. Aplikasi Pencatat Transaksi Keuangan

Agar mampu melihat rekam jejak keuangan perusahaan, anda bisa menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan seperti anda tinggal memasukkan data transaksi ke aplikasi tersebut, sehingga setiap bulan akan muncul statistik yang sudah terkalkulasi secara otomatis.

7. Tetapkan Target Keuangan

Cara mengelola keuangan yang terakhir adalah menetapkan target keuangan. Seberapa besar keuntungan yang perlu anda capai dalam sebulan, dalam 3 bulan, ataupun dalam satu tahun.